Skip to toolbar

Pengembangan Penelitian dan Pengabd Masy di FSSR

oleh:
Sarwono

A. Pendahuluan

KPPMF (Koordinator Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas) ditetapkan melalui SK Rektor UNS tahun 2005 yang bertugas dalam satu koordinasi di bawah LPPM UNS. Sebelum terbentuknya KPPMF koordinator penelitian dan pengabdian terdiri dari 2 personil yaitu KPF (Koordinator Penelitian Fakultas) di bawah koordinasi Lembaga Penelitian UNS dan KPMF (Koordinator Pengabdian Kepada Masyarakat) di bawah koordinasi LPM UNS.
KPPMF di Fakultas bertindak sebagai fasilitator dan memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian sivitas akademika di lingkungan Fakultas sebagai upaya dalam memberikan dukungan pencapaian visi dan misi Fakultas pada bidang penelitian dan pengabdian. Dengan kata lain secara sederhana KPPMF dapat dikatakan sebagai miniatur LPPM yang beraktifitas di tingkat Fakultas.
Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat adalah sebuah unsur pelaksana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakatyang mempunyai tugas mengkoordinasikan, memantau serta melaksanakan kegiatan yang berkait dengan penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas. Juga mengusahakan pengendalian dalam hal penggunaan sumber daya, serta mengusahakan pengembangan dan peningkatan mutu penelitian dan pengabdian masyarakat.
KPPMF Sastra dan Seni Rupa dibawah koordinasi LPPM UNS merupakan unsur yang mengkoordinasi kegiatan-kegiatan yang berkait dengan fakultas perlu diberi peran dan ditingkatkan secara kontinyu.Peran KPPMF di fakultas dengan melalui berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat, terus selalu dikembangkan untuk menuju Universitas yang berbasis Research University.

B. Kondisi Riil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di FSSR, UNS

Atas dasar latar belakang permasalahan di atas, maka diperlukan pengembangan dan peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat bagi tenaga edukatif di Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Saat ini di Fakultas Sastra dan Seni Rupa masih tergolong sangat sedikit peraih kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat apabila di bandingkan dengan FKIP dan MIPA, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik sehingga perlu terus adanya sosialisasi dan tukar pengalaman di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat begi peraih hibah kompetisi dengan tenaga edukatif di Fakultas Sastra dan Seni Rupa.

C. Kondisi Ideal yang Dijalankan
KPPMF di Fakultas bertindak sebagai fasilitator dan memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian sivitas akademika di lingkungan Fakultas sebagai upaya dalam memberikan dukungan pencapaian visi dan misi Fakultas pada bidang penelitian dan pengabdian. Dengan kata lain secara sederhana KPPMF dapat dikatakan sebagai miniatur LPPM yang beraktifitas di tingkat Fakultas.
Sehubungan dengan hal tersebut maka banyak peran yang dapat dilakukan KPPMF di tingkat Fakultas antara lain adalah:
a. Menumbuhkan dan mengembangkan iklim penelitian dan pengabdian yang kondusif dosen-dosen di Fakultas (misalnya dalam bentuk kegiatan pemaparan hasil penelitian oleh para peneliti, seminar ilmiah)
b. Memfasilitasi dalam pembinaan kemampuan penelitian dan pengabdian bagi dosen-dosen di Fakultas.
c. Memfasilitasi dosen dalam sosialisasi hasil penelitian di seminar ilmiah.
d. Pembinaan dan memfasilitasi dosen untuk dapat melakukan penelitian dan pengabdian melalui pembiayaan dari fihak luar.
e. Memfasilitasi penelitian dan pengabdian dosen-dosen di Fakultas serta menggali potensi penelitian bersama antara dosen & mahasiswa yang pada akhirnya akan ikut berperan dalam memajukan proses pembelajaran.
f. Mengembangkan dan memperkuat sistem informasi terkait dengan (i) basis data penelitian dan pengabdian (ii) penyediaan informasi yang terkait dengan penelitian dan pengabdian secara menyeluruh dan mudah diakses oleh dosen-dosen dan (iii) informasi penelitian dan pengabdian di Fakultas yang dapat diakses oleh fihak pengguna.
– Inventarisasi judul-judul penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan oleh dosen-dosen di Fakultas, mulai tahun 2005 sampai sekarang.
– Abstrak hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan oleh dosen-dosen di Fakultas.
– Bidang-bidang penelitian dosen-dosen di Jurusan sesuai Roadmap yang telah dibuat
– Informasi seminar ilmiah berkaitan dengan Penelitian dan Pengabdian Masy.
– Informasi pembiayaan penelitian dari sponsor
– Link ke web / blog terkait (grup-grup penelitian dengan bidang serupa, instansi pemberi dana penelitian).
– Produk layanan ke masyarakat yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat.
– Informasi lain terkait dengan penelitian dan pengabdian
g. Meningkatkan kemitraan dengan institusi/universitas lain dalam bentuk kerjasama penelitian dan pengabdian.
h. Menggali potensi Fakultas dalam layanan IPTEKS untuk ikut berperan serta dalam pembangunan daerah dan nasional.
i. Mengarahkan dan memfasilitasi penelitian-penelitian inovatif-produktif dan mengupayakan perlindungan hasilnya (hak kekayaan intelektual) serta pemanfaatannya dengan bekerja sama dengan Pusat Studi HKI, Univ. Sebelas Maret Surakarta.

Untuk dapat melaksanakan peran tersebut di atas secara efektif dan terarah maka diperlukan (i) Roadmap penelitian dan pengabdian yang berasal dari Jurusan dan (ii) Struktur organisasi yang mampu memberikan dukungan kuat terhadap pelaksanaan tugas-tugas KPPMF.
Suatu organisasi membutuhkan panduan agar perjalanannya terarah, seperti halnya suatu peta dalam satu perjalanan. Peta yang baik akan menuntun organisasi untuk mencapai tujuan tepat waktu secara efisien dan efektif.
Langkah-langkah yang diperlukan suatu roadmap pengembangan penelitian dan pengabdian antara lain:.
a. Penentuan tujuan program pengembangan penelitian dan pengabdian yang akan diselesaikan.
b. Identifikasi hal-hal yang terkait dengan penelitian dan pengabdian saat awal program (sebagai titik awal perjalanan).
c. Penentuan lama waktu untuk menyelesaikan program pengembangan penelitian dan pengabdian
d. Pembuatan hal-hal yang harus dicapai dalam waktu tertentu selama program dijalankan.
e. Penentuan strategi untuk sampai ke tujuan program.
f. Sosialisasi strategi yang diambil kepada semua pihak yang terkait

Dengan melaksanakan langkah-langkah di atas maka diharapkan :
a. Perjalanan lebih terarah.
b. Strategi lebih jelas.
c. Kegiatan terpetakan.
d. Kondisi awal teridentifikasi secara menyeluruh. Dengan demikian, strategi yang akan diambil tidak bertentangan dengan kondisi yang ada.
e. Strategi yang diambil dipahami menyeluruh oleh semua pihak sehingga semua mengetahui tugas masing-masing dalam pelaksanaan strategi.

Tugas KPPMF dalam pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian di Fakultas perlu didukung dengan struktur organisasi yang mampu memberikan dukungan kuat terhadap pelaksanaan tugas-tugas KPPMF.
Sesuai dengan SK Rektor UNS tahun 2005 KPPMF berada di bawah LPPM UNS dan tidak berada langsung di bawah Dekan/Pembantu Dekan di Fakultas. Dalam hal ini Fakultas secara struktural tidak mempunyai staff pengembangan penelitian dan pengabdian yang berada di bawah koordinasinya. Untuk itu ke depan perlu dipikirkan posisi KPPMF untuk berperan aktif pada struktur organisasi Fakultas.
Di beberapa perguruan tinggi lain ada yang menetapkan staff pengembangan penelitian yang secara struktural berada di bawah koordinasi Fakultas untuk memajukan penelitian dan pengabdian di Fakultas antara lain :
a. Fakultas MIPA UI dengan sebutan Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat
b. Fakultas Teknik UNIBRAW dengan sebutan Badan Pertimbangan Penelitian
c. Fakultas Pertanian UNIBRAW dengan sebutan Koordinator Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta ada Koordinator Bidang Perencanaan dan Kerjasama
d. Fakultas Kehutanan UGM ada Wakil Dekan Bidang Penelitian, Kerjasama, dan Hubungan Alumni Kehutanan UGM di samping Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Administrasi Keuangan dan Umum,
e. Fakultas Kehutanan IPB mempunyai Pembantu Dekan (PD IV) yang menangani kerjasama penelitian dan pengabdian
f. Faculty of Nursing, University of Sidney, dengan sebutan Research Development and Support Unit (RDSU).

D. Tujuan Kegiatan

Kegiatan diskusi tentang tukar pengalaman peraih dana hibah penelitian dan pengabdian masyarakat memiliki tujuan sebagai berikut:
– Untuk membantu staf pengajar yang berminat di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat supaya secara aktif, kreatif serta profesional dapat mengikuti kompetisi dan menghasilkan karya ilmiah yang memiliki nilai kualitas, disamping kuantitas dari peraihan dana hibah.
– Untuk mengembangkan potensi yang ada di fakultas dalam usaha meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat.
Juga untuk memberi wawasan luas tentang cara meraih hibah kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat bagi tenaga edukatif di lingkungan Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

E. Indikator Kinerja

Dengan adanya permasalahan yang telah dikemukakan di atas, maka indikator kinerja sebagai berikut:.
Keberhasilan program tukar pengalaman peraih hibah kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat dapat diukur melalui indikator kinerja sebagai berikut :
Terlaksananya peningkatan, pengembangan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas Sastra dan Seni Rupa
Peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat dilihat dari bertambahnya jumlah peraih hibah kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat
Manfaat bagi kegiatan diskusi tentang penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai berikut:

1. Bagi Tenaga Edukatif
Sebagai sarana untuk menambah wawasan serta memberi kesempatan tenaga edukatif untuk berperan serta dalam meraih hibah kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat, serta dapat memberi motifasi yang positif serta kreatif dalam membuat dan mengajukan penelitian dan pengabdian masyarakat..
Memberi pengetahuan tambahan bagi tenaga edukatif dalam mengajukan penelitian dan pengabdian masyarakat di fakultas
Bagi Fakultas
Dapat membantu Fakultas Sastra dan Seni Rupa untuk memecahkan persoalan peningkatan dan pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat yang kurang menggembirakan sampai saat ini, sehingga dapat meningkatkan jumlah peraih hibah kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas.
Dapat memberi rangsangan bagi tenaga edukatid untuk mengikuti kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga dapat membentuk suasana yang dinamis, kreatif dalam kehidupan ilmiah, serta memberi nilai tambah dalam meningkatkan SDM di fakultas.

2. Bagi Lembaga Perguruan Tinggi

Sebagai usaha untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada poin Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Dapat memperluas serta mengembangkan dalam bentuk kegiatan yang berkelanjutan serta penyusunan program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, sehingga lembaga pendidikan Tinggi Universitas Sebelas Maret dapat berperan dalam masyarakat serta budaya sekitarnya.

F. Keberlanjutan

-.Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan peran tenaga edukatif dalam
penelitian dan pengabdian masyarakat, maka diperlukan tindakan pelatihan dan
informasi yang terus menerus agar tenaga edukatif dapat melakukan penelitian dan
pengabdian masyarakat yang memadai berdasarkan perioritas permasalahan di Jurusan.
– Menetapkan bentuk pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat
dilaksanakan pada tahun anggaran berikutnya dengan mempelajari kemampuan serta
motifasi yang telah ada Di Jurusan masing-masing
– Memikirkan alternatif pengembangan dan peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai karakter ilmu-ilmu yang ada di Jurusan sesuai Roadmap.

G. Hasil Pengembangan Yng Diharapkan
– Para tenaga edukatif telah mendapatkan pengetahuan, pengalaman serta kiat-kiat memperoleh hibah di bidang pembuatan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari kegiatan tersebut dengan penerima hibah di Fakultas Sastra dan Seni Rupa..
– Hasil pengembangan penelitian dan pengabdian masy.dapa meningkatkan penerima hibah di Fakultas Sastra dan Seni Rupa.dan terangsang untuk mengikuti, sehingga dapat dijadikan acuan serta wawasan dalam meraih dana hibah untuk kepentingan peningkatan kualitas serta kuantitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, juga untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan.
– Kegiatan ini terus dikembangkan dari tahun ke tahun, sehingga Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas maret dapat benar-benar menjadi Universitas yang berbasis Research University dan meningkatkan ranking dunia berdasarkan THES dan Webometrikserta QS Star.

H. Kendala-Kendala
Ada beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di FSSR, antara lain dana yang disediakan belum susuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh DIKTI tahun 2006, yaitu (1) dana penelitian harus berkisar 10 % dari dana keseluruhan yang ada di fakultas, (2). Dana pengabdian masyarakat harus berkisar 5 % dari dana keseluruhan yang ada di fakultas.
Faktor lain yang tidak kalah penting, selain dana yang terlalu kecil hanya berkisar 2 %, sehingga kegiatan menjadi tidak optimal. Juga inventarisasi abstrak penelitian berbahasa Inggris untuk dipublish di blog Universitas, dalam pelaksanaan belum terealisir sepenuhnya.
Adapun faktor pendorong keberhasilan kegiatan ini adalah:
– Sebagian besar tenaga edukatif ingin memiliki ketrampilan tentang pembuatan proposal yang dapat meraih dana hibah penelitian dan pengabdian masyarakat
– Juga memiliki minat yang cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan sharing dengan penerima hibah di Fakultas Sastra dan Seni Rupa.

I. Penutup

Dalam pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas Sastra dan Seni Rupa perlu terus memerus dilakukan, sehingga tenaga edukatif secara sadar serta profesional dapat mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan visi misi serta payung (Road Map) yang ada di Fakultas Sastra dan Seni Rupa dan dapat meningkatkan perankingan dunia berdasar THES dan Webometrik, serta menuju Reseach University baik Jurusan-Jurusan, Fakultas sastra dan Seni Rupa maupun Universitas Sebelas maret Surakarta.
Selain itu sasaran dari pengembangan ini, yaitu dalam rangka mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terus ditingkatkan, sehingga selain sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga dapat memberi nilai tambah berupa kesejahteraan bagi tenaga edukatif dan sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA

LIPI, 2005, Survei Penelitian dan Pengembangan Sektor Perguruan Tinggi, Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
LPPM, 2005, Rekap laporan Penelitian dan Pengabdian Dana Hibah, Jakarta: DIKTI
LPPM, 2005, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
FSSR, 2005, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
Jurusan, 2005, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Surakarta: FSSR, UNS
DIKTI, 2006, Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi VII, Jakarta: DIKTI, DEPDIKNAS.
LIPI, 2006, Survei Penelitian dan Pengembangan Sektor Perguruan Tinggi, Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
LPPM, 2006, Rekap laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana Hibah, Jakarta: DIKTI
LPPM, 2006, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
LPPM, 2006 Sekilas Informasi Penelitian dan Pengabdian masyarakat, Surakarta: UNS
FSSR, 2006, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
Jurusan, 2006, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Surakarta: FSSR, UNS
LIPI, 2007, Survei Penelitian dan Pengembangan Sektor Perguruan Tinggi, Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
LPPM, 2007, Rekap laporan Penelitian dan Pengabdian Dana Hibah, Jakarta: DIKTI
LPPM, 2007, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
LPPM, 2007, Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Surakarta:UNS
FSSR, 2007, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
Jurusan, 2007, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Surakarta: FSSR, UNS
LIPI, 2008, Survei Penelitian dan Pengembangan Sektor Perguruan Tinggi, Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
LPPM, 2008, Rekap laporan Penelitian dan Pengabdian Dana Hibah, Jakarta: DIKTI
LPPM, 2008, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
FSSR, 2008, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kompetitif, Surakarta: UNS
Jurusan, 2008, Rekap Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Surakarta: FSSR, UNS